Membangun atau Membeli Hunian Baru? Mana yang Tepat?

14/07/2019 01:18

  Keinginan untuk memiliki sebuah hunian memerlukan banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan dengan matang supaya ketika hunian sudah didapatkan, tidak akan ada keluhan yang berarti yang akan mempengaruhi kenyamanan ketika menempati hunian tersebut. Ada dua cara yang biasa dilakukan untuk dapat memiliki sebuah hunian, antara harus membangun rumah baru atau membeli rumah lama. Masing-masing memiliki pro dan kontra tersendiri.

Sebelum memutuskan untuk membangun atau membeli rumah, sebaiknya Anda mengetahui dengan benar terlebih dahulu, minat Anda sebenarnya ada dimana. Tidak lupa pertimbangkan beberapa sisi dan sudut pandang dari membangun atau membeli rumah.

5 alasan untuk membangun rumah

  1. Pendekatan khusus

Membangun rumah sendiri tentu akan lebih banyak melibatkan diri Anda di dalamnya. Mulai dari memilih desain dari berbagai referensi katalog, atau membuat desain yang sesuai dengan karakteristik diri Anda semua dilakukan dengan melibatkan diri Anda di dalamnya.

  1. Tidak ada kejutan

Mungkin Anda sering mendengar kisah-kisah horor tentang rumah berhantu yang menakuti penghuni rumah? Hal ini termasuk salah satu kejutan yang mungkin Anda dapatkan jika Anda memutuskan untuk membeli rumah. Namun akan berbeda cerita jika Anda membangun rumah dari nol. Kejutan seperti kisah hantu yang menyeramkan, kondisi rumah yang tidak terduga, dan lain sebagainya tidak akan Anda temui,hantu yang menyeramkan kami asumsikan lebih kepada kondisi-kondisi yang mungkin membuat anda kecewa setelah mengetahui kualitas-kualitas material ataupun sistem pelaksanaan dari rumah yang anda beli yang tidak sesuai dengan selera anda.

  1. Tidak ada renovasi
baca juga :  10 Tips menyiasati kamar mandi berukuran kecil agar terlihat ideal

Membangun berarti membuat sesuatu yang benar-benar baru. Saat Anda memutuskan untuk membuat rumah, segala yang ada pada rumah Anda merupakan hal yang baru dan tentu resiko untuk mengalami kerusakan dan harus melakukan renovasi lebih kecil.

  1. Rumah cerdas

Membangun rumah baru berarti turut mempertimbangan efisiensi dan otomatisasi yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini. Bukan hal yang mustahil jika Anda membangun rumah akan didapatkan rumah cerdas yang modern.

  1. Garansi

Garansi juga bisa Anda dapatkan jika Anda membangu rumah baru. Anda bisa meminta para ahli merawat rumah Anda seperti jika ada masalah pada estetika rumah misalnya dari segi cat yang digunakan.

 

5 alasan untuk membeli rumah

  1. Waktu yang singkat

Membeli rumah setidaknya dapat dilakukan dalam jangka waktu satu atau dua bulan. Berbeda halnya dengan membangun rumah yang umumnya memerlukan waktu tujuh bulan hingga bisa ditempati. Jika Anda memang memerlukan rumah dalam waktu yang singkat, membelinya adalah cara yang efektif.

  1. Lingkungan mapan

Membeli rumah berarti Anda juga membeli lingkungan sekitarnya. Anda bisa mendapatkan banyak informasi terkait tentang wilayah tersebut dari tetangga yang potensial.

  1. Pemandangan yang matang
baca juga :  Rumah Murah Dengan Konsep Semi Industri

Membangun rumah berarti Anda juga perlu memilikirkan tentang halaman dan pemandangan yang nyaman dilihat. Berbeda halnya dengan membeli rumah, halaman dan pemandangan telah tersedia, pun dengan berbagai pohon-pohon yang rindang, Anda hanya tinggal mencari ide untuk mengatur ulang sesuai selera Anda.

  1. Lebih banyak negosiasi

Membeli rumah berarti Anda memiliki cukup kesempatan untuk menegosiasikan harga. Berbeda dengan membangun yang harganya disesuaikan dengan kondisi dan harga material saat itu.

  1. Meminimalkan stres

Membeli rumah sebenarnya bisa menekan tingkat kestressan Anda. Saat membangun resiko kurangnya dana, keterlambatan konstruksi, masih membayangi. Sedangkan saat Anda membeli Anda bisa menepikan resiko tersebut.

Baik itu membangun atau membeli rumah masing-masing memiliki nilai plus dan minusnya. Semua tergantung dari kondisi Anda dan pemikiran Anda untuk jangka waktu ke [email protected]&team

Kategori: Arsitek, Artikel, Bangun Baru, Desain Interior, Renovasi


Masukkan saran Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.