4 Faktor yang Membuat Kamar Mandi Anda Nampak Berbeda

17/05/2019 23:19

Melakukan renovasi pada kamar mandi merupakan salah satu upaya dalam menambah keindahan dan nilai suatu hunian. Namun melakukan renovasi pada kamar mandi bukanlah suatu hal yang sederhana. Ada banyak detail-detail yang perlu diperhatikan dan tentunya jika hal ini dilakukan tanpa perhitungan yang baik akan membuat Anda sendiri menjadi kewalahan. Setidaknya ada empat faktor yang perlu diperhatikan dalam melakukan renovasi kamar madi, dan keempat faktor tersebut akan dibahas sebagai berikut.

  1. Tata letak

Tata letak adalah hal yang paling penting dalam sebuah proses renovasi. Jika Anda hendak melakukan renovasi dengan mengubah tata letak dari struktur yang telah ada sebelumnya, kegiatan ini akan menjadi hal yang paling menguras energi dan juga biaya. Namun ketika proses pengubahan tata letak ini menghasilkan hasil akhir yang begitu baik, tentu hal tersebut akan sangat memuaskan bagi Anda.

Untuk melakukan pengubahan tata letak, sebaiknya pelajari betul struktur kamar mandi Anda. Apakah Anda bisa bergerak dengan leluasa ataukah ada bagian-bagian tertentu dari kamar mandi yang menyulitkan Anda.

  1. Pencahayaan
baca juga :  Menyiasati Timbunan Pada Lahan Baru

Cahaya merupakan faktor yang penting dalam setiap penataan ruang tak terkecuali kamar mandi. Tanpa cahaya yang cukup, suatu ruang akan menjadi kurang menarik dan tentu berbagai aktivitas yang dilakukan di dalamnya tidak akan maksimal. Sebagai contoh ketika Anda sedang mencukur atau merias wajah, tentu memerlukan cahaya yang cukup bukan?

Ada tiga komponen cahaya yang perlu diketahui, dan kamar mandi yang baik hendaknya memiliki gabungan dari ketiganya.

  1. Ambient: atau dikenal dengan pencahayaan umum yang mengisi sebagian ruangan sehingga memungkinkan Anda untuk bergerak dengan aman dan nyaman.
  2. Aksen: pencahayaan yang menyorot pada suatu titik khusus tertentu misalnya yang mengarah pada cermin yang Anda gunakan untuk mencukur atau merias wajah.
  3. Tugas: seperti namanya pencahayaan ini memiliki tugas tertentu seperti lampu gantung yang ada di kamar mandi.
  4. Bahan

Pemilihan bahan menjadi hal yang penting mengingat kamar mandi merupakan ruangan yang memiliki fungsi khusus sehingga bahan yang dipilih hendaknya yang memiliki kekhususan sendiri. Berbagai bahan yang digunakan untuk lantai, lemari, penerangan, dan segala hal yang tahan air perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk memasangnya.

baca juga :  Menyiasati Timbunan Pada Lahan Baru

Pemilihan bahan menjadi penting karena kamar mandi akan digunakan dalam jangka waktu yang lama sehingga memilih bahan dengan kualitas yang tahan lama memang sangatlah penting. Untuk memenuhi kebutuhan Anda akan bahan yang digunakan dalam renovasi kamar mandi, Anda bisa pergi ke toko perlengkapan dan bicarakan dengan yang telah ahli dan mengerti tentang pemilihan bahan bangunan yang pas dan sesuai untuk digunakan di kamar mandi. Karena selain kualitas yang perlu diperhatikan, pemilihan bahan yang sesuai akan lebih efektif dan menekan pengeluaran keuangan Anda.

  1. Estetika

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah estetika ruangan. Ruangan yang memiliki estetika yang baik akan memberikan kenyamana bagi yang sedang menempatinya. Hal ini juga berlaku bagi kamar mandi. Pemilihan berbagai bahan yang sesuai dapat menjadi poin penting dalam pengaturan sehingga tercipta estetika ruangan yang benar-benar baik.

Untuk yang satu ini, Anda juga bisa berkonsultasi dengan mereka yang telah ahli di bidang desain interior sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran tentang penataan perabotan di dalam kamar mandi Anda sehingga tercipta estetika ruangan yang cantik.

baca juga :  Menyiasati Timbunan Pada Lahan Baru

 

 

Kategori: Uncategorized


Masukkan saran Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.